Langsung ke konten utama

DPRD Kalbar Setujui Pembentukan Kabupaten Banua Landjak

Ketua Umum Presidium Pembentukan Kabupaten Banua Lanjak Herkulanus Utomo Manas, mengatakan akan membawa surat rekomendasi persetujuan DPRD Kalbar atas Pembentukan Kabupaten Banua Lanjak ke Komisi II DPR RI. Direncanakan besok, Ia dan rombongan akan berangkat ke Jakarta.
"Besok kita akan bawa SK DPRD dan usulan Gubernur Kalbar kepada Menteri Dalam Negeri, ke Komisi II DPR RI. Sebagaimana berita yang beredar saat ini tentang prioritas pembentukan Kabupaten Banua Lanjak sebagai DOB," kata Tomo, sapaan akrabnya Selasa (29/10).
Sementara untuk rekomendasi dari Kabupaten Induk Kapuas Hulu beserta DPRD Kapuas Hulu telah selesai. Bupati Kapuas Hulu AM Natsir, menyambut baik pemekaran daerahnya demi meningkatkan pelayanan pemerintah ke masyarakat.
"Bupati setuju dimana dibuktikan dengan keluarkan surat keputusan beliau beserta DPRD Kapuas Hulu. Semua ini demi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di kawasan perbatasan. Harapan kita tahun ini, tahun 2013 sudah selesai, dan tahun 2014 sudah menjadi kabupaten baru," harapnya.
Kabupaten Banua Landjak mengandalkan potensi wilayah di sektor kehutanan, perkebunan, dan pertanian sebagai penggerak ekonomi. Selain yang utama adalah letak wilayah yang berada di perbatasan menjadi pusat transaksi kegiatan ekonomi.
"Sekarang menjadi konsen adalah pariwisata, baru pertanian, perkebunan. Ini yang menjadi pendorong utama kita untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena letaknya daerah perbatasan, saya sangat yakin bahwa kabupaten ini bisa membangun dirinya sendiri, sekarang itu kita lihat disana itu telah ada perusahaan-perusahaan perkebunan. Sekarang juga sudah mulai ekspor CPO, dan ekspor itukan ada pajak ekspor, dan kabupaten penghasil kan ada jatahnya, dan ini menjadi salah satu sumber pendapatan," imbuhnya.
Sumber pendapatan lainnya yakni Kabupaten Landjak sebagai gerbang masuk dari negara tetangga Malaysia, dimana terdapat PPLB,. Serta memiliki daerah yang dikembangkan sebagai daerah wisata, karena ada dua taman nasional, Danau Sentarum dan Betung Kerihun.
"Dari segi wisata juga ada wisata budaya dan alam, dimana dari budaya terdapat adat istiadat yang masih berjalan, rumah betang. Ini bisa lebih dikembangkan, karena ketika wisatawan banyak datang maka perekonomian masyarakat budaya sangat banyak. Saat ini masyarakat di wilayah Pembentukan Kabupaten Banua Landjak hidup dari hasil pertanian serta bekerja di negara tetangga," tuturnya.
Paripurna DPRD Provinsi Kalbar digelar Selasa (29/10), akhirnya menyetujui pembentukan Kabupaten Banua Lanjak, sebagai pemekaran Kabupaten Kapuas Hulu. Keputusan ini tertuang dalam paripurna laporan dari panitia kerja (panja) Pembentukan Banua Lanjak.
Pimpinan sidang Prabasa Anantatur menanyakan persetujuan Pembentukan Banua Lanjak kepada para wakil rakyat yang hadir apakah setuju mengeluarkan surat keputusan.
"Saya tanyakan apakah surat konsep surat DPRD dapat disetujui menjadi persetujuan DPRD," kata Prabasa. Secara serempak, "Setuju" ujar 26 anggota dewan yang hadir. Sebelum penandatangan surat keputusan DPRD ini, anggota DPRD dapil Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu, Andi Aswad melakukan intruksi.
"Instruksi Ketua, selaku dewan dari dapil Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu kami mengucapkan terimakasih kepada Panja Banua Lanjak," katanya seraya berpolitik.
Ketua Panitia Kerja (Panja) DPRD Kalbar Antonius Situmorang, mengatakan DPRD menyetujui pembentukan Kabupaten Banua Landjak. Dengan menunjuk Kecamatan Batang Upar sebagai ibukota Kabupaten.
"Panja menyetujui pertama, Kecamatan Empanga, Kecamatan Puring Kencana, Kecamatan Embaloh Hulu,  Kecamatan Batang Upar, dan Kecamatan Badau sebagai wilayah Kabupaten Banua Landjak. Menyetujui lokasi ibukota kabupaten terletak di Landjak, Kecamatan Batang Upar," kata Antonius, sapaannya.
DPRD Kalbar menyetujui memberikan bantuan hibah untuk penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Banua Landjak dua tahun berturut-turut, sebesar Rp 10 miliar dan tahun kedua sebesar Rp 8 miliar. Memberikan dukungan dana untuk pemilihan kepala daerah sebesar Rp 4 miliar, dan menyerahkan kekayaan daerah yang dimiliki dan dikuasai baik bergerak dan tidak bergerak kepada Kabupaten Banua Landjak.
Herkulanus Utomo Manas menegaskan kabupaten induk memberikan hibah dana selama dua tahun berturut-turut. "SK Bupati dan SK DPRD Kapuas Hulu itu bahwa bantuan dana dari kabupaten induk Rp 3 miliar selama dua tahun berturut-turut dan untuk Pemilukada dua putaran senilai Rp 2,5 miliar. Saya yakin pembentukan Kabupaten Banua Lanjak ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena sebelah utara berbatasan langsung dengan Malaysia dan konsentrasi pembangunan Indonesia saat ini mengarah kepada kawasan perbatasan," ungkapnya.
"Perbatasan harus lebih maju bukan lagi selama ini dikucilkan. Karena apa, perbatasan adalah mukanya Indonesia, beranda Indonesia, dan ketika selama ini orang lihat Badau, beginikah negara Indonesia, harus," tukasnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Terhadap Orang Terkena Serangan Jantung, Berikut Video Singkat

Pertolongan pertama membantu seseorang yang terkena serangan jantung. Anda dan siapapun bisa melakukan ini. Ingat waktu yang diperlukan menyelamatkan orang terkena serangan jantung sangat singkat. Anda harus segera menolongnya, apakah berhasil atau tidak, setidaknya Anda sudah berusaha. Berikut panduan berdasarkan  perhimpunan dokter spesialis kardiovaskuler Indonesia  

Gubernur Kalbar Sutarmidji Targetkan Vaksinasi Kota Pontianak 250 Ribu Dalam Dua Bulan Mendatang

  Gubernur Kalbar Sutarmidji lewat akun media sosial Facebooknya menyampaikan bahwa vaksinasi di Kota Pontianak sudah mencapai 75 ribu orang.  Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk di Kota Pontianak  Hal itu disampaikannya pada Minggu 27 Juni 2021, Gubernur Sutarmidji menuturkan bahwa vaksinasi di Kalbar telah menyasar sekitar 200 ribu jiwa.  "Assalamu'alaikum, Alhamdulillah hingga hari ini di Pontianak warga yang sudah divaksin mencapai 75 ribu orang,". "Se-Kalbar sudah lebih 200.000 orang,". Gubernur Sutarmidji menargetkan bahwa sekitar dua bulan ke depan Pontianak bisa mencapai sekitar 200 hingga 250 ribu. "Kalbar (bisa,red) 500 ribu orang yang divaksin. Ini adalah ihktiar kita," terang Midji, sapaan akrab orang nomor satu di Kalbar.  Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini berharap pandemi Covid-19 yang melanda di dunia bisa segera berlalu. Terkhususnya di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.  "Semoga Covid segera berlalu. Saya sarankan mas

Mata Uang Dunia

o. Nama Negara Mata Uanga Singkatan 1 Afghanistan afghani Af 2 Afrika Seiatan Rand R 3 AfrikaTengah franc CFA CFAF 4 Albania Lek --- 5 Aljazair dinar Aljazair DA 6 Amerika Senkat dollar US $ 7 Andorra franc Prancis F Spanyol peseta Pta 8 Angola kwanza Kw 9 Antigua dan Barbuda dollar Karibia limur gulden EC$ 10 Antilla Belanda Antlilen NA f 11 Arab Saudi riyal Arab --- 12 Armenia rubel --- 13 Argentina peso --- 14 Aruba florin Aruba Afl 15 Australia dollar Australia $A 16 Austria schiling S 17 Azerbaijan rubel --- 18 Bahama dollar Bahama B$ 19 Bahrain dinar Bahrain BD 20 Bangladesh taka Tk 21 Barbados dollar Barbados BDS$ 22 Benda guilder Belanda; gulden Belanda F 23 Belarus rubel --- 24 Belau --- --- 25 Belgia franc Belgia BF 26 Beiize dollar Belize BZ $ 27 Benin franc CFA CFAF 28 Bermuda dollar Bermuda Ber$ 29 Bhutan ngultrum Nu 30 Bolivia boliviano Bs 31 Bosnia-Hercegovina dinar Yugoslavia --- 32 Botswana pula P 33 Brasil cruzado Cz$ 34 Brunei Daru