Langsung ke konten utama

Kapolres Komitmen Berantas Ilegal Mining Bersama Tim Polda Turun Ke Lokasi

Kapolres Ketapang AKBP Badya Wijaya mengatakan komitmennya untuk memberantas Ilegal Mining, Rabu (4/11). Ia memastikan tidak ada anggota terlibat serta saat ini bersama Tim Polda akan meninjau lokasi penambangan rakyat di daerah Kendawangan dan diduga menjadi jalur transportasi transaksi Timah Hitam antara cukong dan penjual.
"Saya saat ini sedang berkoordinasi dengan Tim dari Serse Polda berjumlah empat orang. Direncanakan nanti akan melakukan penyidikan ke lokasi. Di back up dari anggota Polres dan Polsek Kendawangan. Kapolres Kendawangan dan Pesaguan seperti yang anda lihat sedang bersama saya," ujar Badya Wijaya kepada Tribun di temui di ruang kerjanya.
Dilibatkannya Tim Polda menurut Badya adalah hal yang wajar mengingat luasnya wilayah Ketapang.  Ia juga berharap jangan terjadi lagi peristiwa penertiban ilegal loging  dari Mabes Polri terjadi pada Ilegal Mining dengan menyeret sejumlah jajaran Perwira. Sebagaimana dalam satu minggu terakhir dua kasus penangkapan usaha penyelundupan Timah Hitam melalui perairan Kendawangan.
"Saya tidak mau terulang lagi seperti kasus (ilegal loging) itu. Kita komitmen untuk memberantas ilegal mining.  Kita baru saja menangkap pelaku dan BB yang diduga sebagai pembeli (cukong). Walaupun sedikit ini bentuk komitmen kami dalam memberantas ini. Kita kembangkan dan  jangan sampai dari Mabes turun. Saya tidak mau ada yang menjadi korban, saya juga masih baru," tegas Badya.
Lebih jauh, polisi akan melakukan koordinasi atas hasil pemeriksaan yang menyebutkan PT KSL sebagai pemilik Timah Hitam. Berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertambangan mengenai surat ijin yang sudah dikeluarkan dalam Pertambangan.
Sementara itu beberapa waktu lalu Tribun pernah mewawancarai Kepala Dinas Pertambangan, Ismed Siswadi mengatakan  tercatat ada tiga perusahaan yang memiliki  ijin pertambangan. Yakni PT Ligat Akses, PT Jopa Sentral Jaya, dan PT Sumber Kalbar Lestari. "Mereka yang memiliki ijin sebatas pada tahap explorasi, Ijin pembebasan lahan dan tumbang tindih, tanam tumbuh rakyat, dan pembebasan kawasan hutan yang harus memperoleh ijin dari Departemen Kehutanan dan belum pada tahap produksi. . Jadi tidak benar jika ada yang melakukan pengiriman karena memang belum diatur untuk itu," jelas Ismet, sekarang mantan Kepala Dinas.
Kasat Reskrim, AKP Ongky Igusnawan membenarkan penangkapan cukong Timah Hitam. "Kita amankan pelaku, Piliang Manurung (38), warga Sungai Nanjing, RT/RW 5/2. Diamankan barang bukti 11 karung Timah Hitam seberat sekitar 600 Kg. Ditangkap sekitar pukul 05.00 WIB, di kediamannya di Kec Matan Hilir Selatan," ujar Ongky.
Polisi juga berhasil mengamankan pelaku pemilik 3,8 Ton Timah Hitam, beberapa waktu lalu. Atas nama Yanto Wicaksono (48), Jalan Karya Tani, Kelurahan Mulia Baru. Dimana saat itu pelaku masih buron sementara supir truck dan kernet ditangkap untuk pemeriksaan.
"Sampai saat ini ada 19 kasus Timah Hitam selama tahun 2009 diamankan dan diantaranya lima kasus sudah dilimpahkan ke Kejaksaan. Sementara itu lainnya dalam proses pengecekan di Laboratorium," tandas Ongky.
Side Bar
Tokoh Masyarakat, Herman Wimpy mengatakan apresiasinya atas ditangkapnya pelaku sebagai cukong. Ia menyadari pelaku atau cukong dapat ditangkap dan tidak pandang bulu ketika penegak hukum bertindak adil.
"Kasihan rakyat kecil yang benar-benar hanya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dari menambang Timah Hitam. Sementara ada cukong dimana kita tidak tahu diduga apakah keberadaan mereka dibantu pihak aparat. Kalau itu terjadi sangat disayangkan mengingat penegak hukum saat ini mendapatkan soroton," ujar Herman kepada Tribun.
Herman meminta agar polisi jangan ada bermain, sebab saat ini yang ditangkap oleh Polres Ketapang hanya rakyat  kecil. Lalu TNI dan Pol Airud bisa menangkap penyelundupan Timah Hitam di perairan di Kendawangan.
Menjadi catatan lainnya, Herman mempertanyakan sejauh mana proses hukum kepada pelaku tersebut. Sebab ada beberapa yang pernah ditangkap tapi masih berkeliaran bebas di Ketapang. Lalu ditangkap kembali seolah- olah membuktikan ada kinerja.
"Saya meminta agar segera raperde pertambangan segera disahkan. Sebab cukong atau pemodal yang diuntungkan. PAD bagi Ketapang tidak ada, masyarakat kecil tidak mendapatkan harga yang wajar. Lingkungan rusak dan masih banyak efeknya. Saya rasa langkah saat ini adalah pengesahan Raperda Pertambangan menjadi Perda oleh DPRD," pungkasnya. (rhd)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Terhadap Orang Terkena Serangan Jantung, Berikut Video Singkat

Pertolongan pertama membantu seseorang yang terkena serangan jantung. Anda dan siapapun bisa melakukan ini. Ingat waktu yang diperlukan menyelamatkan orang terkena serangan jantung sangat singkat. Anda harus segera menolongnya, apakah berhasil atau tidak, setidaknya Anda sudah berusaha. Berikut panduan berdasarkan  perhimpunan dokter spesialis kardiovaskuler Indonesia  

Gubernur Kalbar Sutarmidji Targetkan Vaksinasi Kota Pontianak 250 Ribu Dalam Dua Bulan Mendatang

  Gubernur Kalbar Sutarmidji lewat akun media sosial Facebooknya menyampaikan bahwa vaksinasi di Kota Pontianak sudah mencapai 75 ribu orang.  Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk di Kota Pontianak  Hal itu disampaikannya pada Minggu 27 Juni 2021, Gubernur Sutarmidji menuturkan bahwa vaksinasi di Kalbar telah menyasar sekitar 200 ribu jiwa.  "Assalamu'alaikum, Alhamdulillah hingga hari ini di Pontianak warga yang sudah divaksin mencapai 75 ribu orang,". "Se-Kalbar sudah lebih 200.000 orang,". Gubernur Sutarmidji menargetkan bahwa sekitar dua bulan ke depan Pontianak bisa mencapai sekitar 200 hingga 250 ribu. "Kalbar (bisa,red) 500 ribu orang yang divaksin. Ini adalah ihktiar kita," terang Midji, sapaan akrab orang nomor satu di Kalbar.  Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini berharap pandemi Covid-19 yang melanda di dunia bisa segera berlalu. Terkhususnya di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.  "Semoga Covid segera berlalu. Saya sarankan mas

Mata Uang Dunia

o. Nama Negara Mata Uanga Singkatan 1 Afghanistan afghani Af 2 Afrika Seiatan Rand R 3 AfrikaTengah franc CFA CFAF 4 Albania Lek --- 5 Aljazair dinar Aljazair DA 6 Amerika Senkat dollar US $ 7 Andorra franc Prancis F Spanyol peseta Pta 8 Angola kwanza Kw 9 Antigua dan Barbuda dollar Karibia limur gulden EC$ 10 Antilla Belanda Antlilen NA f 11 Arab Saudi riyal Arab --- 12 Armenia rubel --- 13 Argentina peso --- 14 Aruba florin Aruba Afl 15 Australia dollar Australia $A 16 Austria schiling S 17 Azerbaijan rubel --- 18 Bahama dollar Bahama B$ 19 Bahrain dinar Bahrain BD 20 Bangladesh taka Tk 21 Barbados dollar Barbados BDS$ 22 Benda guilder Belanda; gulden Belanda F 23 Belarus rubel --- 24 Belau --- --- 25 Belgia franc Belgia BF 26 Beiize dollar Belize BZ $ 27 Benin franc CFA CFAF 28 Bermuda dollar Bermuda Ber$ 29 Bhutan ngultrum Nu 30 Bolivia boliviano Bs 31 Bosnia-Hercegovina dinar Yugoslavia --- 32 Botswana pula P 33 Brasil cruzado Cz$ 34 Brunei Daru